Buton Tengah
15-12-2017  14:31
Salah Satu Dewan Buteng Rencananya Akan Usul Raperda tentang Ternak
Anggota DPRD Buteng, Kadir Teme saat menjawab pertanyaan salah satu anggota kelompok tani. Foto: Saud Al Faisal/tb.com
LABUNGKARI, tribunbuton.com – Salah seorang anggota DPRD atau yang menjabat sebagai Ketua Komisi I Kabupaten Buton Tengah, Kadir Teme rencananya dalam waktu dekat akan mendorong Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang ternak melalui hak inisiatif.
Hal ini tersebut diketahui saat menjawab keresahan warga di forum mimbar sarasehan di desa Tanailandu, Rabu kemarin, (13/2) atas ternak yang dipelihara secara liar dan dapat menimbulkan dampak sosial bagi masyarakat.

Menurut, Kadir Teme, pihaknya akan memberikan perhatian serius akan ternak yang digembalakan secara liar oleh pimiliknya yang membuat resah warga, pasalnya keberadaan hewan ternak yang berkeliaran dianggap dapat membahayakan keselamatan pengemudi serta dapat mengganggu keindahan daerah tapi hal ini mempunyai konsekuensi karena peternak harus memiliki lahan.

“Saya jamin, apalagi ini sudah perintah Bupati. Insya Allah Januari 2018 perda tentang ternak itu akan kita wujudkan tinggal kita bicara dengan dinas pertanian apakah usul dari pemerintah atau usul dari DPRD itu sendiri,” jelas Kadir Teme saat menanggapi pertanyaan salah satu anggota kelompok tani.

Dijelaskan, hak inisiatif merupakan salah satu hak yang dimiliki oleh anggota DPRD untuk mengajukan usul rancangan peraturan daerah (Raperda), jadi perda tentang ternak itu kita bisa wujudkan dan berkoordinasi dengang dinas pertanian seperti yang dirinya pernah lakukan misalnya terkait pembuatan peraturan daerah tentang pembatasan wewenang guru sebagai kepala sekolah.

“Hak inisiatif ini biasanya ada kajian ilmiah tentu kita juga akan meminta pandangan dari ahli hukum tapi minimal juga kami akan meminta kepada kaum kaum muda di Buton Tengah, seperti apa pola pola pikiran yang harus kita tuangkan untuk kepentingan Buton Tengah,” pungkasnya.

Peliput : Alan
Telah dibaca 237 kali
Berita Terkait
Advertisement