Baubau
05-12-2017  15:14
Perbakin Baubau "Gudang" Atlit Potensial
Walikota Baubau AS Tamrin berpose dengan sejumlah Pengcab Perbakin Baubau. Foto: Yuhandri Hardiman/tb.com
BAUBAU, tribunbuton.com - Persatuan Penembak Indonesia (Perbakin) Cabang Baubau rupanya menyimpan banyak atlit potensial. Atlit perbakin Baubau memiliki banyak prestasi dan menjuarai berbagai kelas kejuaraan.
Mewakili Ketua Umum Perbakin Sultra, Sekretaris Umum Perbakin Sultra, Drs Ashar MSi menyebut nama-nama atlit berprestasi satu per satu di hadapan Walikota Baubau AS Tamrin dan Kapolres Baubau AKBP Daniel Widya Mucharam, Senin 5 Desember 2017 pada acara Rakercab 3 Perbakin Baubau di Aula Hotel Hing Amimah. Menurut Ashar, permasalahan yang dimiliki Perbakin Baubau adalah alat atau senjata yang sudah ketinggalan versi (tidak update) lagi.

"Ada yang bolak-balik mewakili di tingkat nasional," katanya disambut tepuk tangan.

Mereka di antaranya Kamaludin, AKP Anwar SH MH. "Pak Anwar ini pendiam tapi prestasinya diperhitungkan," katanya bangga.

Ada atlit muda kelas pistol anggota KPPP yang mewakili di Kejurda tembak Brimob meraih medali emas atas nama Muh Dani. Ada juga Popi atlit kelas berburu dan bersertifikat nasional.

Ashar berpendapat atlit tembak Baubau punya masadepan jika didukung peralatan memadai. "Dgn peralatan bgini bisa perlihatkan prestasinya, gimana klu dgn alat yang standar," katanya.

Ashar memperkenalkan jenis-jenis senjata yang dibutuhkan Perbakin Baubau untuk bisa menghadapi Porprov. Jika jenis senjatanya memadai maka menurutnya atlit tembak Baubau bisa bicara di bamyak nomor perlombaan.

Ada 32 emas yang diperlombakan, ada 32 perak dan ada 32 perunggu. Ashar menunjuk pistol 10 m yang menurutnya akan menjadi bahan perhatian. "Karena sudah tidak ada daerah lain yang gunakan, artinya tinggal dimuseumkan," katanya berkelakar.

Ada senjata 25 meter ISO standar. Menurutnya cukup satu saja sudah bisa dipakai beregu putra dan putri. Dia menegaskan atlit tembak Baubau sangat ketinggalan dukungan sarana.

Ada sport pistol yang sama dengan kaliber 22. Pistol ini jenis senjata yang dipakai atlit putri. Ada juga pistol 50 m.

"Kemarin mereka paksa dengan pistol 25 meter, pasti persaingannya ketinggalan. Kalau diberikan pri pistol 50 m pasti Baubau lagi yang dapat medalixlnya," katanya.

Ada kaliber 32 sekelas revolfer standar polisi atau 9m milik TNI dan ada laras panjang. "Kita harap pak Wali dukungannya kaliber brown kaliber 22 untuk 3 posisi," harapnya.

Walikota Baubau AS Tamrin menjelaskan mengingat banyaknya cabang olahraga maka anggarannya simultan. Dia meminta kepada Kepala Dinas pemuda dan Olahraga Darusalam untuk mengusulkan.

Namun pak walikota menantang atlit penembak Baubau untuk meningkatkan kapasitas dan menunjukan prestasi yang lebih. "Maksudnya agar ada pembenaran dari atlit lain untuk diusulkan. Namin katanya mekanismenya melalui penganggaran yang rerstruktur," katanya.

Ketua Umum Pengcab Perbakin Kota Baubau, Kapolres Baubau Akbp Daniel Widya Mucharam, SIK, MPA, berinisiatif untuk memberikan suport kepada para atlet Perbakin berupa alat olahraga (senjata, red). Dia berharap apa yang diberikan oleh Polres dan Pemkot Baubau lewat Rakercab Perbakin ke-3, kiranya dapat menunjang prestasi para atlit baik di Kota Baubau, tingkat regional, nasional, maupun internasional.

"Tanggal 11 saya akan ke Jakarta. Mohon doa mudah-mudahan saya pulang nanti bawa senjata," kata Daniel saat memberikan sambutan.

Sekretaris Stering Commite, AKP Anwar SH MH, menjelaskan Muscab ke 2 Perbakin Baubau memiliki 3 agenda yaitu pembacaan pertanggung jawban pengurus periode tahun 2013-2017, pemilihan ketua umum Pengcab Perbakin Baubau priode tahun 2018-2022, dan membahas agenda rencana kegiatan 4 tahun kedepan Pengcab Perbakin Baubau. Muscab ke 2 Perbakin Baubau memutuskan memilih secara utuh Kapolres Baubau AKBP Daniel Widya Mucharam SIK MPA selaku Ketua Umum Pengcab Perbakin Baubau priode tahun 2018-2022. Stering Komite atau Pimpinan Sidang saat Muscab ke 2 Perbakin Baubau adalah; Ketua Drs Amiruddin MSi, Wakil Ketua Kompol Jupri, Sekretaris Akp Anwar SH MH

Anwar mnambahan bahwa atlit menembak Perbakin Baubau telah terbukti prestasinya pada Porprov ke XII Tahun 2014 di Kabupaten Butur dengan urutan ke 2 dari semua Cabor yngg ada di Kota Baubau. Dan urutan ke 4 Sesultra khusus atltit menembak dengan perolehan medali 4 emas, 4 perak dan 2 perunggu. Adapun saingan atlit Perbakin Baubau tingkat Provinsi yaitu Kota Kendari, Kolut, Bombana dan Konsel.(**)

Oleh: Yuhandri Hardiman
Telah dibaca 210 kali
Berita Terkait
Advertisement