Buton Utara
28-11-2017  16:43
Mewujudkan Satu Data, BPS Butur Diskusi Kelompok Terarah
Diskusi terarah oleh BPS Sultra: Foto: Darmawan/tb.com
BURANGA, tribunbuton.com -Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Buton Utara (Butur) menggelar diskusi terarah tentang peguatan statistik sektoral dan metadata statistik dalam rangka mewujudkan satu data di Kabupaten Buton Utara di aula Bappeda Butur, Selasa (28/11).
Diskusi kelompok terarah atau Focus Group Discussion (FGD) adalah suatu proses pengumpulan informasi suatu masalah tertentu yang sangat spesifik melalui diskusi kelompok, dengan tujuan satu data untuk pembangunan daerah sesuai pernyataan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo tentang satu sumber data.

Fokus Group Discussion (FGD) dilakukan bersama pimpinan OPD lingkup Pemda Butur. Forum diskusi tersebut dihadiri Sekda Butur, La Ode Siam, Kepala BPS Provinsi Sultra, Ir. Atqo Mardiyanto, M.Si, BPS Butur, Burhanuddin, SE, dan tamu undangan lainnya.

Kepala BPS Sultra, Ir. Atqo Mardiyanto, MSi dalam kegiatan itu menjelaskan, satu data dan penguatan statistik sektoral di Kabupaten Buton Utara (Butur). Dijelaskan satu data yang dimaksud adalah satu standar data, satu metadata, dan satu portal data.

"Minimal ada tiga cakupan untuk satu data, satu data memiliki prinsip-prinsip dasar untuk mengelola dan menyelenggarakan data yang akuntabel dan berintegritas,"katanya.

BPS punya kewajiban sesuai statistik menjadi fokus dasar sesuai kepentingan nasional."Nah inilah yang perlu diskusikan untuk memperkuat data ini. Kita berharap nantinya dengan adanya satu data ada sinergitas atau sinkronisasi atau kesepakatan data yang mana mau digunakan,"ungkap Atqo Mardiyanto.

Laporan : Darmawan
Telah dibaca 23 kali
Berita Terkait
Advertisement