Baubau
26-11-2017  07:46
Program Perdana, KNPI Baubau Pimpinan Kasriadi Gelar Baksos
Suasana Sirkumsisi gratis KNPI Kota Baubau bekerjasama dengan Fakultas Kedokteran Unhalu dan Pemerintah Kota Baubau
Hadirkan 40 Dokter Muda, Dokter Angkatan 2012 (Costae Vera), Termasuk Beberapa Dokter Alumni, Wakil Rektor III, dan Wakil Dekan III Fakultas Kedokteran Unhalu.
BAUBAU, tribunbuton.com - Komite Pemuda Nasional Indonesia (KNPI) Kota Baubau menggelar kegiatan perdana, Bhakti Sosial, yang mengusung tema "Wujudkan Masyarakat yang Sehat Menuju Kejayaan Kotaku Baubau". Dalam kegiatan yang digelar 24-26 November 2017 ini, KNPI Kota Baubau bekerjasama dengan Pemerintah Kota Baubau, serta menggandeng Fakultas Kedokteran Universitas Haluoleo.
Tidak tanggung-tanggung, sebanyak 40 Dokter, sejumlah Dokter muda yang tergabung dalam Ikatan Alumni Fakultas Kedokteran Unhalu angkatan 2012 turun tangan langsung. Juga melibatkan langsung Wakil Rektor III, Wakil Dekan III Fakultas Kedokteran Unhalu.

Keabsahan Kepengurusan KNPI Kota Baubau yang dipimpin Ketua Kasriadi SH, dan Sekretaris Apri Awo SH diakui oleh Kementerian Hukum dan HAM RI, sehingga pasca dilantik beberapa pekan lalu di Kota Kendari, langsung menggagas berbagai program. Diharapkan melaui program-program ini, KNPI Kota Baubau dapat turun langsung ke tengah-tengah masyarakat, bersinergi bersama Pemerintah membangun Kota Baubau tercinta.

Demikian diungkapkan Kasriadi, Sabtu (25/11) ditemui di areal Stadion Betoambari, dalam rangkaian kegiatan Baksos KNPI Kota Baubau. Kata Didin (sapaan akrab Kasriadi), rangkaian Baksos kali ini KNPI Kota Baubau menggelar sirkumsisi (istilah medis sunat), pemeriksaan kesehatan, juga penyuluhan kesehatan yang keseluruhannya tidak dipungut biaya, gratis.

Dalam sirkumsisi lanjut dia, pihaknya menargetkan 60 pasien, untuk pemeriksaan kesehatan target 100 pasien, dan penyuluhan kkesehatan diselenggarakan di SMA Negeri 1, dan SMA Negeri 2 Baubau.

"Semoga apa yang kita lakukan saat ini dan kedepan nantinya dapat memberi manfaat bagi masyarakat, dan Kota kita Baubau tercinta," ucapnya.

Ketua alumni tahun 2012 Fakultas Kedokteran Unhalu Ahmad Darwis mengatakan, keterlibatan pihaknya dalam Baksos ini merupakan wujud dedikasi Fakultas Kedokteran Unhalu kepada masyarakat, tak hanya di Kota Kendari, melainkan juga di seluruh cakupan wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra). Kata dia, bukan kali pertama di Kota Baubau, Fakultas Kedokteran Unhalu telah beberapa kali ikut serta dalam kegiatan serupa, pernah di Kabupaten Muna, termasuk juga Buton Utara, dan kali ini di Kota Baubau.

Darwis mengaku sangat bangga, sangat mengapresiasi sambutan Pemerintah Kota Baubau, juga profesionalitas KNPI Kota Baubau dalam kerjasama menyukseskan Baksos tersebut. Secara khusus, pihaknya terkesan pada keramahan dan kerendahan hati Walikota Baubau Dr H AS Tamrin MH.

Salah seorang warga Kelurahan Lamangga Emilawati mengucapkan terima kasih kepada seluruh penyelenggara Baksos, yang sudah mau peduli menyelenggarakan sunatan tanpa dipungut biaya. Emilawati mengantar puteranya bernama Dika yang masih duduk dibangku kelas 2 SD Negeri 2 Lamangga.

Kala itu, salah seorang siswa kelas 3 SD Negeri 2 Lamangga bernama Saka tampak berani menunggu antrian untuk disunat. Tak sedikitpun terlihat rasa takut di wajah polosnya.

Pantauan tribunbuton.com, haru, tak lepas senyum tawa suasana dalam tenda sunatan, terlihat berbagai ekspresi anak yang disunat, ada yang tampak pucat, keringatan, ketakutan melihat jarum suntik dan peralatan para Dokter, ada yang menangis, ada pula yang berbaring tersenyum tegar, melafalkan ayat-ayat suci Alquran. Para Ibu penuh kasih sayang memeluk putera kesayangan mereka, memberikan motivasi, membisikan kata-kata penyemangat, agar mengurangi beban psikologis putera mereka. Peliput: LM Irfan Mihzan
Telah dibaca 243 kali
Berita Terkait
Advertisement