Buton Tengah
23-11-2017  16:30
Gerak Buteng Tuntut Bupati Segera Ganti Sekda
Temuan BPK di Buteng terindikasi rugikan negara. Foto: Alan/tb.com
LABUNGKARI, tribunbuton.com - Sejumlah masyarakat yang mengatasnamakan Gerakan Rakyat Buton Tengah (Gerak Buteng) berunjuk rasa di kantor Bupati Buton Tengah, Rabu (22/11).
Koordinator Lapangan (Korlap), Idris mengatakan sesuai laporan hasil pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) semester dua tahun 2016 yang lalu telah terindikasi ada beberapa temuan yang telah merugikan keuangan Negara ratusan juta rupiah, salah satunya yaitu belanja makanan dan minuman di rujab Bupati dan sekretariat daerah.

"Ini harus diusut tuntas, dan kami meminta kepada Bupati dan Wakil Bupati agar segera mengusulkan pergantian Sekda Buteng kepada Gubernur Sultra," teriak Idris saat memberikan orasi politiknya diatas mobil sound sistem.

Selang beberapa jam berunjuk rasa, para demonstran (Gerak Buteng) dipersilahkan untuk bertemu tatap muka bersama Sekretaris Daerah (Sekda) Buteng karena Bupati dan Wakil Bupati tidak berada ditempat.

Sekretaris Daerah, Drs La Ode Hasimin MM menjelaskan bahwa jikalau ada temuan pemeriksaan BPKP dan inspektorat pasti akan diselesaikan dengan cepat. Hal inipun bukan langsung dikelola oleh sekda tapi bagian bagian.

"Saya kira adik adik tidak usah terlalu mengawatirkan bahwa sekda ini akan berbuat sesuatu disini. Insya Allah, malahan saya akan memberikan jalan bahwa inilah titian yang bagus agar pemerintahan berjalan dengan bagus," kata Hasimin saat berdialog dengan para demonstran di depan kantor Bupati.

Selain itu, Sekda ini bertugas sebagai kepala SKPD mempunyai tugas mempertanggungjawabkan semua dan semua mekanisme kita sudah lakukan sesuai dengan prosedur, kalau itu bersifat pengembalian itu harus dikembalikan.

"Yang kita harapkan sekarang adalah good governance dan clean governance artinya pemerintahan yang baik dan bersih mudah mudahan itu bisa tercapai," pungkasnya.


Peliput : Alan
Telah dibaca 54 kali
Berita Terkait
Advertisement