Baubau
16-11-2017  18:57
BMKG Bantah Isu Akan Terjadi Tsunami di Baubau
Kepala BMKG Stasiun Betoambari Natsir SSos
BAUBAU, tribunbuton.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, membantah akan terjadi tsunami di Kota Baubau, seperti yang beredar di media sosial. Isu hoax ini sempat memicu reaksi, serta menimbulkan keresahan di tengah masyarakat.
Kepala BMKG stasiun Betoambari Kota Baubau Natsir SSos mengatakan, hal tersebut merupakan berita yang tidak benar alias hoax. Adanya isu yang menyatakan akan terjadi tsunami dapat merusak citra BMKG, karena itu harus di dijelaskan kepada masyarat bahwa itu tidak benar.

"Untuk potensi tsunami di Kota Baubau sangat kecil kemungkinan, karena di Baubau bukanlah daerah yang rawan akan bencana tsunami, " ungkapnya.

Dikatakannya, untuk daerah yang rawan tsunami itu jika adanya lempengan di daerah tersebut. Ia menambahkan, Indonesia diapit tiga lempengan yang berada di bagian Hindia, Pulau Jawa dan Philipine.

"Bila itu terjadi, kita hanya mendapatkan dampak yang kecil saja, karena daerah kita bukan merupakan yang rawan akan bencana tsunami," jelasnya.

Pihaknya mengimbau, agar masyarakat Kota Baubau jangan serta merta percaya dengan isu yang belum tentu kebenarannya.
"Untuk masyarakat yang mau melihat perkiraan cuaca dan berita tentang BMKG dapat melihat langsung di website BMKG," tutupnya. Peliput: Jaya (#)
Telah dibaca 591 kali
Berita Terkait
Advertisement