Wakatobi
09-11-2017  07:41
Pemkab Wakatobi Gagas Kerjasama Perdagangan Antar Pulau
Arhawi
WAKATOBI, tribunbuton.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi mencanangkan kerjasama dan akan membangun sinergitas dengan lima Provinsi dan tujuh belas Kabupaten Kota di kawasan laut banda melalui simposium kemaritiman yang akan di laksanakan tanggal 10 november.
Hal tersebut dikatakan Bupati Wakatobi, H Arhawi, saat konferensi pers di Rumah Jabatannya (Rujab), Rabu (8/11/2017). Letak geografis Wakatobi yang di apit dua laut yakni laut banda dan laut flores menjadikan perairan wakatobi kaya akan sumber daya alam hayati laut terutama potensi ikan yang melimpah. Ini sejalan dengan program unggulan pemkab wakatobi untuk mewujudkan pembangunan ekonomi berbasis kemaritiman.

"Potensi laut banda ini sangat luar biasa, kita tidak bisa manfaatkan secara maksimal jika hanya berdiri sendiri. Olehnya itu kita coba bangun kerjasama dengan daerah lain yang masuk dalam kawasan laut banda," tuturnya.

Menurut Bupati Wakatobi, H Arhawi, letak Wakatobi sangat strategis. Memiliki potensi yang sangat baik untuk meningkatkan kualitas perputaran ekonomi dan menjadi sentra industri melalui perdagangan antar pulau.

"kita ini bagaikan gerbang, mau ke timur pasti lewat perairan wakatobi begitu juga sebaliknya jika mau ke barat selalu melewati wakatobi. banyak sumber daya alam di kawasan laut banda dan flores ini yang tidak di miliki wakatobi, dengan membangun kerjasama perdagangan antar pulau bukan tidak mungkin wakatobi akan menjadi sentra industri." sambung arhawi.

Arhawi berharap melaui kerjasama dan sinergitas yang akan di bangun tersebut dapat berdampak pada perkembangan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat wakatobi. Untuk di ketahui Perdagangan antar pulau merupakan salah satu program unggulan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi dengan tujuan utama menjadikan Wakatobi sebagai kabupaten maritim yang sejahtera dan berdaya saing di bawah kepemimpinan Arhawi - Ilmiati Daud.

Oleh: Risnawati
Editor: Yuhandri Hardiman
Telah dibaca 185 kali
Berita Terkait
Advertisement