Baubau
05-11-2017  18:01
Dermaga Penyeberangan Wamengkoli Beroperasi Kembali
Uji coba kapal sandar pada plengsengan di Pelabuhan penyeberangan Wamengkoli-Baubau
BAUBAU, tribunbuton.com - Setelah mengalami kerusakan Movable Bridge (MB) sejak Desember 2016, kini Pelabuhan penyeberangan Wamengkoli-Baubau beroperasi kembali, setelah dilakukan perbaikan beberapa waktu lalu.
Kepala Dinas Perhubungan Sultra Dr Ir Hado Hasina MT saat melakukan peninjauan langsung di Pelabuhan Wamengkoli, Sabtu (4/11) mengatakan, untuk pertama kalinya pelabuhan penyeberangan Wamengkoli-
Baubau kembali digunakan setelah dilakukan perbaikan.

"Sejak Desember 2016 lalu, Pelabuhan ini mengalami kerusakan MB dan saat ini kita operasikan kembali setelah dilakukan perbaikan," ungkapnya.

Pihaknya telah melakukan perbaikan sesuai dengan anggaran yang ada, walaupun hanya dibuat dalam bentuk plengsengan agar pelabuhan penyeberangan Wamengkoli-Baubau dapat beroperasi kembali.

"Kita membutuhkan anggaran sebesar Rp 9 Miliyar untuk perbaikan MB tersebut, namun anggaran yang ada berkisar Rp 2 Miliyar lebih, jadi dibuat seadanya anggaran dalam bentuk plengsengan," jelasnya.

Kondisi pelabuhan saat ini sangat memungkinkan untuk dioperasikan, namun akan dilihat lagi pasang - surut air laut terlalu tinggi atau rendah yang menyebabkan kapal susah sadar, dikatakan mantan Kadis PU Butur itu saat melakukan penjauan langsung.

"Yang pasti, selama 20 tahun sejak dibangun kurang dilakukan pemeliharaan dan tiba - tiba rusak dan beberapa bulan tidak dapat digunakan, ini untuk pertama kalinya dioperasikan sejak beberapa bulan tidak difungsikan," tuturnya.

Diwaktu yang sama, Kepala Cabang ASDP Baubau mengatakan hal yang sama, sejak mengalami kerusakan, agar pelayanan tetap berjalan sementara untuk bongkar muat di pindahkan ke Tolandona.

"Bulan Juni 2017, dibuat plengsengan sementara di Wamengkoli, MB yang rusak itu dibuat dalam bentuk plengsengan yang saat ini dilakukan uji coba untuk kapal sadar di plengsengan tersebut," tutupnya.
Peliput : Jaya (#)
Telah dibaca 207 kali
Berita Terkait
Advertisement