Buton Utara
01-11-2017  19:36
Sekian lama Masyarakat Menanti, Akhirnya Wakorut Bisa Nikmati Listrik
Peresmian listrik di Wakorut. FOTO: DARMAWAN/tb.com
BURANGA, tribunbuton.com - Sekian lama masyarakat Kecamatan Wakorumba Utara (Wakorut) di Kabupaten Buton Utara (Butur) menati penerangan, akhirnya mimpi itu terwujud dengan ditandai pemencetan serine peresmian penyalaan lampu oleh Bupati Buton Utara, Abu Hasan bersama Manager PT. PLN Area Baubau, Arif Budi Kurniawan dan dihadiri antusias ratusan masyarakat setempat, Rabu (1/11/2017).
Perusahaan Listrik Negara (PLN) Area Baubau telah menyambungkan jaringan listrik 12 desa di Kecamatan Wakorumba Utara. Pemkab Butur berharap adanya listrik masuk desa agar dimanfaatkan sebaik-baiknya, sehingga mendorong pertumbuhan ekonomi dan pendapatan warga desa semakin meningkat.

"Penantian listrik ini sudah dinanti warga Wakorumba Utara selama 72 tahun. Semua aspek kebutuhan butuh energi listrik, pendidikan, kesehatan, perdagangan, ekonomi dan lain sebagainya," ujar Bupati Butur, Abu Hasan dalam kegiatan tersebut.

Ketua KONI Butur ini menerangkan, krisis listrik satu kecamatan telah dituntaskan. PLN telah menempati janjinya mengaliri listrik di Kecamatan Wakorumba Utara. Sebanyak 12 desa sudah bisa menikmati listrik. Menurutnya, membangun daearah sama dengan membangun bangsa.

Olehnya itu, kata Abu Hasan,masyarakat Wakorumba Utara bisa memanfaatkan listrik ini dengan sebaik-baiknya. Bisa disenergikan untuk mendukung produk pertanian, perkebunan dan perikanan yang belum maksimal pengelolaanya, serta dimanfaatkan sebagai peluang membuka usaha kecil dan menengah.

Ditempat yang sama, Manager PLN Rayon Baubau, Arif Budi Kurniawan mengungkapkan, pemerintah melalui Perusahaan Listrik Negara terus menyasar ke daerah yang belum tersentuh listrik sebagai upaya mewujudkan kesejahteraan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

"Masuknya listrik di Wakorumba Utara dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat setempat. Tegangan listrik bisa dimanfaatkan sebagai peluang usaha dan mendorong pertumbuhan ekonomi," terangnya Arif Budi Kurniawan.(#)

Laporan : Darmawan
Telah dibaca 123 kali
Berita Terkait
Advertisement