Buton Utara
31-10-2017  16:46
Pokja PUG Mulai Terbentuk di Butur
Ramadio/tb.com
BURANGA, tribunbuton.com - Pembentukan kelompok kerja (pokja) pengarusutamaan gender (PUG) tingkat kabupaten Buton Utara (Butur) melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Butur di Hotel Sara'ea City Kulisusu, Selasa (31/10).
Kegiatan ini digelar satu hari dan sebagai peserta para pimpinan SKPD lingkup Pemda Butur, Komisi III DPRD Butur, serta beberapa organisasi perempuan. Tim pemateri dari sekertariat Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pemprov Sultra, Drs. Sahabuddin, M.Si dan dibuka secara resmi oleh wakil Bupati Buton Utara, Ramadio, SE.

Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah mempercepat penyelenggaraan pemerintahan dalam pembangunan dan pelayanan masyarakat dibidang pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, sebagai wadah komunikasi bagi personil pengarusutamaan gender, dan sebagai percepatan pelaksanaan strategi dalam pembangunan.

Wakil Bupati Buton Utara, Ramadio dalam sambutannya menjelaskan, penyelenggara pemerintah masih terdapat ketidak setaraan dan ketidak adilan gender, sehingga diperlukan strategi pengintegrasian gender melalui perencanaan penyusunan evaluasi atas kebijakan program dan kegiatan pembangunan daerah.

"Sebagai mana kita mempertahankan arah pembangunan masyarakat untuk mewujudkan masyarakat majemuk berdasarkan Pancasila dan Undang- Undang 1945, serta pembangunan manusia seutuhnya dan seluruh masyarakat Buton Utara,"ujar Ramadio dalam sambutannya.

Menurut ketua PMI Butur ini, dalam percepatan pembangunan yang berkeadilan sesui salah satu program pemerintah saat ini adalah penata kelolaan gender untuk mempercepat strategi, maka diperlukan kelembagaan yang kuat seperti pokja pengarusutamaan gender di pemerintah daerah yang dilanjutkan dengan pembentukan di tiap SKPD.

"Pokja Pengarusutamaan Gender ini diharapkan menjadi sarana mempercepat komunikasi antara SKPD dan untuk itu kami berharap kegiatan ini dapat mengetahui fungsi dan tugas kita sehingga benar-benar diimplementasikan,"jelasnya.#)

Laporan : Darmawan
Telah dibaca 60 kali
Berita Terkait
Advertisement