Baubau
29-10-2017  16:23
Peringati Sumpah Pemuda, Gerakan Mahasiswa Wangiwangi Gelar Aksi Damai
Saat orasi di depan kampus UMB. IST/www.tribunbuton.com
BAUBAU, tribunbuton.com - Gerakan Mahasiswa Wangiwangi melakukan aksi damai dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda ke- 89, di depan kampus Universitas Muhamadiyah Buton (UMB) Kota Baubau, Sabtu (28/10).
Koordinator Lapangan (Korlap) aksi, Febrianto mengatakan, aksi ini semata-mata untuk mengingatkan kembali Mahasiswa akan gerakan Pemuda pada 28 Oktober tahun 1928 silam, yang kemudian dikenal sebagai hari Sumpah Pemuda.

"Mahasiswa sebagai pemuda intelektual harus selalu merefleksi Sumpah Pemuda, hal ini mengingatkan Pemuda untuk bersatu," katanya.

Menurut dia, peringatan Sumpah Pemuda dapat meningkatkan keutuhan Bangsa ditengah gencarnya isu negara syariah (khilafah). Lewat peringatan ini, pemuda generasi milenial seyogyanya terus berbenah dan meningkatkan kwalitas diri demi kemajuan Bangsa.

"Ini sudah peringatan ke -89, artinya peran pemuda untuk bangsa ini sudah begitu besar. Kita tidak lagi melawan penjajah, pemuda 'zaman now' hanya dituntut untuk tetap menjaga persatuan dan meningkatkan kwalitas diri," tuturnya.

Bahkan menurut Mahasiswa yang akrab di sapa Febri ini juga sempat menitipkan pesan dengan mengutip kalimat Nur Sayyid Santoso Kristeva.
"bunuhlah waktumu dengan aktivitas produktif dan progresif, jangan engkau terbunuh waktu karena aktifitas yang mengasingkan rasionalitas" sambungnya.

Pemuda asal Wanci itu berharap, melalui aksi damai Mahasiswa bisa berkontemplasi dan merefleksi kembali Sumpah Pemuda agar mengetahui perannya masing-masing sebagai seorang pemuda.

"Kami berharap lewat aksi ini, pemuda khususnya Mahasiswa akan lebih mengenal sejarah Bangsa ini. Harapanya pemuda Kota Baubau kedepan lebih saling merangkul, menghargai perbedaan, " ungkapnya penuh harap.

Untuk diketahui, Gerakan Mahasiswa Wangiwangi merupakan gabungan dari Mahasiswa asal Wangiwangi Kabupaten Wakatobi yang menempuh pendidikan di beberapa Perguruan Tinggi di Kota Baubau. Peliput: Risna (#) editor: LM Irfan Mihzan
Telah dibaca 200 kali
Berita Terkait
Advertisement