Baubau
04-10-2017  07:47
Optimis, Pembukaan Wakatobi Wave Dihadiri Jokowi
H Arhawi
WAKATOBI, tribunbuton.com - Presiden Republik Indonesia Jokowi Widodo, diagendakan bakal menghadiri pembukaan Wakatobi Wonderful Festival and Expo atau disingkat Wakatobi Wave tahun 2017. Expo ini akan digelar pertengahan November nanti.

Hal ini dikatakan Bupati Wakatobi, H Arhawi ditemui di ruang kerjanya, Senin (2/10/2017).
"Kami sudah kirim surat ke Kemensesneg dari beberapa minggu yang lalu. Sudah dicek di provinsi dan surat itu sudah diteruskan ke sana," ungkapnya.

Daerah yang masuk dalam 10 top destinasi pariwisata nasional ini selain memiliki pesona alam yang eksotis, Wakatobi juga memiliki keragaman budaya, berbagai kearifan lokal yang menjadi aset utama daerah. Hal inilah yang akan menarik minat jokowi untuk berkunjung ke Wakatobi.

"Kita optimis Jokowi akan hadir di festival pertengahan november ini, wakatobi ini unggulan pariwisata nasional dan juga masuk kawasan badan otiritas sudah pasti jadi prioritas pemerintah pusat," lanjut pria berkacamata itu.

Arhawi menyebutkan festival budaya yang sudah tercantum dalam kalender event Kementrian Pariwisata ini akan menampilkan berbagai parade budaya diantaranya parade kansoda'a, tarian kolosal dan kabuenga massal. Selain itu juga akan di semarakan dengan beebagai perlombaan.

"Tari lariangi barangkali akan kita gelar dengan besar besaran (kolosal), tari sajo moane dari tomia juga akan kita buat secara kolosal. Di samping beberapa adat budaya itu yg akan kita tampilkan sebagai pelenggkap dari penyelenggaran event budaya," sebutnya.

Terkait agenda kunjungan presiden ini, Pemkab Wakatobi telah berkomunikasi dengan Pasukan Pengamanan Preaiden dan juga beberapa event organizer (EO) untuk persiapan penyelenggaraan event ini.

"Mengantisipasi kunjungan ini pemda secara umum sudah siap termasuk yang akan menangani persiapan event ini kita sudah bicarakan dengan beberapa EO yang akan mempersiapkan kegiatan ini. tentu semua itu juga kita koordinasikan dengan Paspampres tentang kegiatan ini. Kita akan komunikasi terus–menerus baik dengan pemprov maupun pemerintah pusat agar apa yang menjadi gagasan dan ide bisa kita selenggarakan di event bulan sebelas itu insha Allah akan memenuhi harapan masyarakat sultra, pemerintah pusat dan pemerintah kota." tutup arhawi.

Penulis : Risnawati.
Telah dibaca 126 kali
Berita Terkait
Advertisement