Baubau
26-09-2017  16:58
Pria Buton Ini Simpan Ratusan Peti Emas Batangan Peninggalan Jepang
Ilustrasi Harta karun Jepang ditemukan di Bogor. Foto ist www.tribunbuton.com
BAUBAU, tribunbuton.com - Ratusan peti emas batangan peninggalan tentara Jepang (heiho) dikuburkan di suatu tempat yang masih dirahasiakan. Bukan hanya emas, dalam terowongan bawah tanah yang dicor itu juga ikut dikubur ratusan samurai roll, samurai selendang, dan ribuan senjata laras panjang.

Jika dikurskan dalam mata uang rupiah, diperkirakan mencapai Rp 500 triliun bahkan lebih. Pria yang menolak menyebut namanya itu masih menunggu petunjuk pihak pemerintah RI (presiden RI) untuk bagaimana menggali harta karun itu.

"Sudah 20 hari kita masukan surat ke Sesneg, tapi belum ada informasi," katanya.

LN warga Kecamatan Sorawolio, Kota Baubau menghubungi tribunbuton.com, menjelaskan pihaknya sebagai keturunan saksi mata yang kakeknya merupakan mantan tentara heiho menggambarkan bagaimana satu kapal perang harta Jepang itu diangkut ke darat dan dikuburkan. "Satu peti dipikul dua tentara, jumlahnya ada ratusan peti," katanya.

Dia berharap ada petunjuk dari pemerintah apakah emas itu digali lalu diserahkan ke pemerintah untuk kemudian bagi hasil ataukah pemerintah yang menggali lalu mereka dapat persen. Kakek mantan tentara heiho itu sudah meninggal namun mewariskan peta harta karun itu dan diketahui persis posisinya.

Kakeknya adalah salah satu dari dua tentara yang selamat dari gempuran tentara sekutu. Setelah ratusan peti mas batangan itu berhasil dikubur, kapal perang itu mendapat serangan tentara sekutu, hancur dan seluruh tentara tewas. Kecuali dua tentara heiho asal Buton ini selamat dan hidup. Sedangkan yang satunya sudah meninggal di Jawa.(**)

Oleh: Yuhandri Hardiman
Telah dibaca 2657 kali
Berita Terkait
Advertisement