Baubau
20-09-2017  07:43
AS Tamrin di mata Teman Kuliah
Suasana haru diakhir acara reuni Keluarga Besar AAJPT Semarang-Jogjakarta di rumah jabatan Walikota Baubau.
Boly Rebong: Dia Sangat Baik Hati, Silaturahim Tinggi, Pintar, Pecaya Diri
BAUBAU, tribunbuton - Sosok AS Tamrin dari dulu hingga kini tidak berubah sedikitpun, Walikota Baubau ini dimata teman-teman kuliahnya dikenal sebagai sosok anak kampung yang sangat baik hati, rendah hati, memiliki rasa silaturahim yang tinggi. Tak hanya itu, AS Tamrin juga dikenal sebagai Mahasiswa yang pandai saat dibangku perkuliahan dulu, dan Ia memiliki rasa percaya diri yang tinggi.

Salah seorang teman kuliah yang cukup akrab dengan AS Tamrin, Boli Rebong mengatakan, dari dulu saat masih kuliah, sampai saat ini AS Tamrin yang dikenalnya tidak berubah sedikitpun. Ia mengaku, pembawaan AS Tamrin menjadi contoh baginya dalam menjalani hari-hari merantau di tanah Jawa.

Pria asal Lembata Nusa Tenggara Timur ini mulai mengenal dekat AS Tamrin sejak masuk kuliah, selama empat tahun bersama-sama mengenyam pendidikan, hingga saat ini setelah pensiun dari Badan Pertanahan Nasional (BPN) Jakarta.

Berikut pernyataan Boli Rebong saat ditanya tentang sosok AS Tamrin,

"Dia (Dr H AS Tamrin MH, red) dari kampung, walau dari kampung tapi dia sangat percaya diri, baik hati. Meskipun susah dia tetap membantu, dan pada semua orang dia nyambung, dia mampu berbaur, bergaul dan akrab dengan siapa saja," sebutnya.

"Dia orang pintar, dan ilmunya dibagi, saya sering belajar sama dia, sekalian minta makan, karena sayalah yang paling susah di kampus. Dia silaturahimnya sangat tinggi sama semua orang," ungkapnya.

"Pak Tamrin ini tidak ada rasa minder, percaya dirinya sangat tinggi, itulah yang kami contoh. Selama saya kenal, dia tidak pernah berubah, tetap AS Tamrin sederhana, apa adanya," tutupnya.

Ditambahkan teman kuliah AS Tamrin lainnya, H Suhely Sam, sosok AS Tamrin yang dikenalnya tak pernah berubah baik tutur maupun prilaku, senantiasa bijak, dalam balutan kesederhanaan, bijak, Ia mengaku kagum dan bangga bisa mengenal AS Tamrin. Ia berharap, AS Tamrin dalam kesederhanaannya, kerendahan hatinya, jalinan silaturahimnya, kompetensi keilmuannya, profesional, serta integritasnya dapat
melayani masyarakat Kota Baubau, menghantarkan Kota Baubau ke arah yang lebih maju kedepannya.

"Kuncinya mudah, dekati rakyat, inshaaAllah doa orang banyak akan ada hikmah kebaikan.
Apa yang kita punya sekarang tidak ada artinya kecuali kita punya saudara, kenangan, sesuatu yamg berarti yang kita berikan, meskipun hanya senyuman," ucapnya.

"Memungut paku dijalan saja sudah berkah di mata Allah SWT, apalagi berbuat manfaat untuk orang banyak," pesan mantan Pejabat tinggi Negara ini.

Iapun berharap, jalinan silaturahim bersama Alumni Akademi Agraria dapat selalu terpelihara hingga menurun ke anak cucu mereka.

Kehadiran Alumni Agraria dalam reuni Keluarga Besar AAJPT di Kota Baubau cukup membuktikan betapa AS Tamrin memiliki jalinan silaturahim dan ikatan emosional yang kuat dengan siapa saja. Implementasi falsafah sara pataanguna yang tersaji dalam PO 5 telah Ia jalankan sejak lama, bukan hanya sebatas konsep atau kata-kata.

Perjuangan AS Tamrin memBumikan PO 5 senantiasa mengingatkan kembali kita akan jati diri, ikatan silaturahim sesama mahluk Tuhan, yang senantiasa mengedepankan rasa dalam bertutur kata dan berprilaku.

Peliput: LM Irfan Mihzan
Telah dibaca 265 kali
Berita Terkait
Advertisement