Buton Tengah
14-09-2017  15:58
Pendaftaran Panwascam dii Buteng Hanya Lima Hari
Dr Hj Hadi Mahmud MPd
LABUNGKARI, tribunbuton.com - Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Buton Tengah (Buteng) hanya memberi waktu lima hari untuk pendaftaran Pangawas Pemilu tingkat kecamatan (Panwascam) pada pemiliham Gubernur tahun 2018.
Namun waktu pendaftaran akan diperpanjang kembali selama tiga hari, pada kecamatan yang pendaftaranya kurang dari sembilan orang. Selanjutnya tanggal 17 sampai 23 akan dilakukan penerimaan berkas dan tanggal 23 sampai 25 dilanjutkan dengan Perbaikan Berkas.

"Mulai 13 kemarin sampai tanggal 17 pendaftarannya," tutur Komisioner Bawaslu Provinsi Sultra, Dr Hj Hadi Mahmud MPd, ditemui di kantor Panwalu Buteng, Kamis (14/9)

"Kalau yang masih kurang berkasnya akan dihubungi untuk melengkapinya kembali sementara pendaftaran ulang tanggal 26 sampai 28 bagi kecamatan yang kurang dari sembilan orang pendaftarnya dan berakhir pada tanggal 12 Oktober," tambah Hadi.

Perekrutan ini dilakukan sebagai perpanjangan tangan Panwaslu Buteng di setiap kecamatan untuk mengawasi mulai dari perekrutan PPK, PPS sampai pada proses pendeteksian pengurus partai politik. Berlaku dari tingkat kecamatan maupun di desa-desa yang akan menjadi penyelenggara pemilu kedepan.

"Karena pengurus Panwaslu Kabupaten tidak mengetahui siapa orang-orangnya, dan jika itu terjadi, maka independensi penyelenggara dipertanyakan." jelas Hadi

Oleh karena itu, baik dari Panwaslu Buteng maupun KPU harus memverifikasi dengan baik pendaftar yang akan menjadi penyelenggara pemilu sebelum pengumuman berkas dilakukan.

"Kalau pengumuman lolos berkasnya itu dilakukan, setelah itu ada laporan, maka akan susah untuk dibatalkan karena sudah melalui verifikasi," tutupnya.

Oleh: Radit Ila
Editor: Yuhandri Hardiman
Telah dibaca 200 kali
Berita Terkait
Advertisement