Buton Utara
11-08-2017  14:10
TP PKK Butur Kembangkan MOL di Desa
TP-PKK Butur dalam sebuah kegiatan di Butur. Foto: Darmawan tribunbuton.com
BURANGA, tribunbuton.com - Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TPPKK) Kabupaten Buton Utara (Butur) mengembangkan pelatihan pembuatan Pupuk Mikro Organisme Lokal (MOL) di Desa Dampala Jaya Kecamatan Kulisusu Barat, Rabu (9/8).
Ketua TP-PKK Kabupaten Buton Utara, Hj Siti Rabia Abu Hasan mengatakan, melalui pelatihan pembuatan Pupuk MOL berharap agar tanaman holtikultura, tanaman pangan, bua-buahan, sayurmayur yang ada di Buton Utara bebas dari racun.

"Dari barang yang tidak bernilai menjadi yang bermanfaat. Misalnya limbah air cuci beras, sayuran yang membusuk dan bua-buahan yang sudah busuk selama ini dianggap tidak bermanfaat dan selalu dibuang. Maka saya menghimbau agar limba tersebut jangan lagi dibuang, tetapi dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan pupuk organik, " ujarnya.

Sitti Rabia Abu Hasan menambahkan,
olehnya itu pihaknya terus menggerakan kesadaran masyarakat terutama ibu-ibu rumahtangga agar terus berinofasi membantu kepala keluarga dalam meningkatkan pendapatan perekonomian keluarga.

Selain itu juga dia katakan, mulai saat ini menyasar ibu-ibu rumah tangga untuk berperan dalam meningkatkan penghasilan keluarga dengan peningkatan keterampilan dalam memproduksi pupuk yang berbahan organik. Menurutnya selain murah bahan bakunya juga ada dilingkungan masyarakat sendiri.

" Mengajak warga Buton Utara khususnya masyarakat Desa Dampala Jaya agar memanfaatkan limbah keluarga sebagai pestisida nabati dan mari kita mengelolah lingkungan dengan ramah lingkungan, tidak membuang sampah yang berbahan plastik disembarang tempat, " Imbaunya.


Laporan : Darmawan
Telah dibaca 189 kali
Berita Terkait
Advertisement