Wakatobi
10-08-2017  18:49
Wow! Pemda Wakatobi Setujui Kenaikan Tunjangan Anggota Dewan
Muhammad Ilyas Abibu bersama ketua DPRD kabupaten Wakatobi, Muhammad Ali. Foto: Ahmad Dilun tribunbuton.com
WAKATOBI, tribunbuton.com - Melalui rapat paripurna DPRD Wakatobi terkait rancangan peraturan daerah (Raperda) tentang hak keuangan dan administrasi pimpinan dan anggota DPRD, pemerintah daerah menyetujui usulan sejumlah kenaikan tunjangan pimpinan dan anggota DPRD.
Sekretasis daerah, Muhammad Ilyas Abibu saat membacakan pertimbangan hukum baik peraturan pemerintah (PP) No.18/2017 tentang hak keuangan dan administrasi pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten maupun penyesuaian dengan teknik legal parting yang di atur dalam undang-undang(UU) nomor 12 tahun 2011 tentang pembentukan perundang-undangan tidak bertentangan dengan pengajuan intensif pimpinan dan anggota DPRD.

Selain kesepakatan tersebut lanjut Ilyas, dalam rangka pembinaan Raperda sebelumnya telah di lakukan fasilitasi oleh Gubernur Sultra melalui biro hukum sekretariat daerah Propinsi Sultra sehingga Perda yang di tetapkan tidak bertentangan dengan Peraturan Perundang-undangan yang lebih tinggi dan atau kepentingan umum.

"Setelah mendengar dan mencermati penyampaian laporan badan pembetukan peraturan daerah tentang persetujuan penetapan Raperda inisiatif tentang hak keuangan dan administrasi pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Wakatobi menjadi Perda. Oleh karena itu, melalui kesempatan ini Pemda menyatakan setuju Raperda tentang hak keuangan dan administrasi pimpinan dan anggota DPRD untuk di tetapkan sebagai Perda", Sebutnya saat membacakan tanggapan pemerintah daerah mewakili Bupati Wakatobi, diruang sidang DPRD.Rabu(9/8/2017)

Ilyas berharap dengan di tetapkannya Raperda menjadi Perda ada peningkatan peran dan tanggung jawab dalam mengembangkan kehidupan demokrasi terutama menjalankan tugas, fungsi dan wewenang DPRD, mengembangkan mekanisme kelola pemerintahan daerah serta meningkatkan kualitas produktif kinerja juga meningkatkan keadilan dan kesejahteraan secara maksimal sehingga bersinergi dengan pemerintah daerah demi terwujudnya Kabupaten Wakatobi sebagai kabupaten maritim yang sejahtera dan berdaya saing.

"Semoga semua yang kita lakukan dan kita sepakati akan mendatangkan manfaat yang sebesar-besarnya bagi seluruh masyarakat di Kabupaten Wakatobi", Pintanya dihadapan seluruh anggota DPRD yang hadir menyaksikan kenaikan tunjangan tersebut.

Senada dengan penjelasan ketua DPRD, Muhammad Ali, yang menyebut kenaikan tunjangan pimpinan dan anggota DPRD sebagai keseimbangan sekaligus penguatan tanggungjawab yang mampu mampu meningkatkan kemitraan terutama kepada Pemda setempat.

"Segera bidang hukum Pemda dan DPRD agar dikonsultasikan kepada sekda provinsi Sultra Nomor registrasi untuk dilanjutkan.Kita bersabar kurang lebih sebulan lamanya menunggu proses penetapan nya", Tutupnya sembari bercanda kepada seluruh anggotanya yang hadir mengikuti sidang.

Adapun sejumlah tunjungan pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Wakatobi yang dibacakan ketua badan Raperda,La Moane Sabara, diantaranya pengahasilan pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten wakatobi yang terdiri dari uang dan presentase, tunjangan keluarga, tunjangan beras, tunjangan pajak, tunjangan jabatan, tunjangan alat kelengkapan, tunjangan alat kelengkapan lain, tunjangan komunikasi, dan tunjangan proses.

Selain itu ada tunjangan kesejahteraan terdiri dari jaminan kesehatan, jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian, pakaian dinas dan atribut serta tunjangan kesejahteraan berupa rumah negara dan perlengkapanya, kendaraan dinas jabatan dan belanja rumah tangga.

Sementara untuk anggota DPRD di sediakan tunjangan kesejahteraan berupa rumah negara dan perlengkapanya,
uang jasa pengabdian pimpinan anggota DPRD serta belanja penuh pada setiap kegiatan

Mengenai tunjangan tranportasi jika pemda belum dapat menyediakan rumah negara baik pimpinan maupun anggota DPRD maka yang bersangkutan di beri tunjangan perumahan dan tunjangan transportasi berupa uang dan di bayarkan setiap bulanya.

Ahmad Dilun
Telah dibaca 272 kali
Berita Terkait
Advertisement