Buton Utara
21-07-2017  16:11
Dinkes Butur Sosialisasi Persalinan Gratis
dr Kasrul
BURANGA, tribunbuton.com -Dinas Kesehatan Kabupaten Buton Utara tengah gencar melakukan sosialisasi jaminan persalinan gratis bagi ibu hamil melalui koordinasi camat dan desa.
Kepala Dinas Kesehatan Buton Utara, dr Kasrul saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (19/7) mengungkapkan, saat ini tengah gencar melakukan sosialisasi jaminan persalinan. Dia katakan, berhubung dengan anggaran sebesar 1 milyar lebih yang bersumber dari DAK itu terlambat masuk, jelasnya akan secepatnya disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan melalui koordinasi Puskesmas setempat.

" Jaminan persalinan (Jampersal) merupakan jaminan bagi seluruh/hak ibu-ibu hamil. Dengan demikian seluruh ibu hamil tidak perlu mengeluarkan biaya apabila memeriksakan kehamilan, melahirkan, dan pemeriksaan setelah melahirkan di seluruh sarana kesehatan milik Pemerintah, " ujarnya.

Kasrul menyebutkan, Jampersal merupakan upaya untuk menurunkan angka kematian Ibu akibat melahirkan. Cara mendapatkan jaminan Jampersal harus memiliki Kartu tanda penduduk (KTP) dan kartu kelurga (KK) dan rekomendasi dari desa sebagai KK tidak mampu, serta bukan pengguna BPJS lainnya.#



Laporan : Darmawan
Telah dibaca 116 kali
Berita Terkait
Advertisement