Muna
06-07-2017  13:34
Pulau Munante Dideklarasikan Sebagai Ikon Wisata di Muna
Forum Komunikasi Pimpinan Daerah dalam pertemuan penyelamatan Pulau Munante dari penambangan pasir Ilegal
MUNA, tribunbuton.com - Pulau Munante Desa Kholifano Kecamatan Pasir Putih dideklarasikan sebagai ikon wisata, Rabu (5/7/2017). Hal ini dilakukan Barisan Muda Muna Timur (BMMT) untuk menghindari kerusakan lingkungan.
Deklaradi dihadiri Kepala Desa, dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Muna. Di antaranya dari Pemda, DPRD ,TNI, Polri lingkup Kabupaten Muna dan masyarakat Muna Timur.

Ketua BMMT, Alfin Pola dalam pertemuan itu mengatakan deklaradi merupakan bentuk antisipasi dan penyelamatan lingkungan Pualu Munante yang mulai rusak akibat ulah oknum penambangan pasir illegal. Dijelaskan, Pulau Munante dikenal dengan keindahan pasirnya telah habis di ambil hingga menyisakan batuan.

"Untuk mencegah pelaku, untuk itu kita Barisan Muda Muna Timur (BMMT) meminta Polres Muna dan Kodim 1416 Muna turut serta agar ada efek jerah kepada para penambang pasir Pulau Munante, " ujar Alfin Pola.

Kapolres Muna, AKBP Ramos Sinaga dalam pertemuan ini mengungkapkan, tentunya pemerintah, Kepolisian dan TNI butuh kerja sama masyarakat untuk bersama-sama menjaga pulau Ini. "Tadi disampaikan sempat terjadi kontak fisik dengan si pengambil pasir, kita harap bisa dikomunikasikan dengan baik agar tidak terjadi masalah baru atau pidana baru," jelasnya.

Di kesempatan yang sama, Setda Muna, Nurdin Pamone, menjelaskan lebih pada penanaman pohon. Ia menginstruksikan warga Desa Kogholifano menanaman pohon kelapa dengan tujuan menumbuhkan kembali keindahan Pulau Munante, sehingga menarik untuk dijadikan tempat wisata.#

Peliput: Darmawan
Editor: Yuhandri Hardiman
Telah dibaca 189 kali
Berita Terkait
Advertisement