Buton Utara
25-05-2017  13:46
Bupati Butur Panen Kepiting Soka di Danau Moloku
Bupati Butur Abu Hasan panen perdana kepiting soka di danau Moloku. FOTO Darmawan Tribun Buton
BURANGA, www.tribunbuton.com - Bupati Buton Utara Abu Hasan telah memperlihatkan capaiannya melalui panen perdana kepiting soka (kepiting cangkang lunak) di Danau Moloku Desa Lantagi Kecamatan Kulisusu Buton Utara (Butur), Rabu (24/5).
Acara ini juga dihadiri ketua Komisi II DPRD Al Munatzir, Diurut BPD Cabang Ereke Taufiq Akbar, Kadis Perikanan Budianti Kadidaa, sejumlah Kadis lingkup Pemda Butur dan warga Desa Lantagi.

Bupati Buton Utara Abu Hasan dalam acara itu mengatakan telah menyaksikan satu bentuk kreativitas dan inovasi budidaya. "Kalau budidaya kepiting biasa itu sudah biasa, tetapi budidaya kepiting soka ini baru hadir
ditengah-tengah kita sekalian," ujarnya kepada tamu undangan dengan warga setempat.

Menurut orang nomor satu di Butur ini, pilihan Danau Moloku di Desa Lantagi adalah pilihan yang tepat. Kkarena dirinya sedang mengembangkan wisata kuliner sekaligus wisata alam pada saat bersamaan.

"Sehingga apa yang perlihatkan pada masyarakat hari ini adalah bagian dari upaya kita dalam rangka mengembangkan sektor-sektor unggulan secara terintegrasi, " jelas ketua KONI Butur ini.

Mantan Karo Humas Pemprov Sultra ini, berharap dengan budidaya kepiting soka masyarakat ditempat itu agar membentuk kelembagaan nelayan. Pemerintah terus berkomitmen, " karena ini memiliki nilai tambahan ekonomi yang sangat tinggi tentu tidak terlepas dari dukungan dari pemerintah desa dan masyarakat, " ungkap Abu Hasan

Secara bersamaan, Kepala Dinas Perikanan, Budianti Kadidaa mengungkapkan bahwa, kegiatan pengembangan kepiting soka ini untuk pemberdayaan masyarakat khususnya Desa Lantagi.

Dimana menurutnya, ini merupakan perencanaan atau contoh yang dia berikan untuk pemanfaatan potensi-potensi laut yang ada ditempat itu.

Selanjutnya, kedepan Dinas Perikanan akan memprogramkan lagi pengembangan kepiting soka dibeberapa lokasi salah satunya di Desa Langere dan Desa Koepisino.

" Kami berharap kedepan dengan kemandirian untuk mengembangkan kepiting soka ini, secara terus menerus akan dikembangkan lagi kelompok nelayan lainnya, agar harapan itu bisa dirasakan oleh masyarakat lainnya manfaatnya, " terang mantan Kadis Pertanian ini.

Laporan : Darmawan
Telah dibaca 190 kali
Berita Terkait
Advertisement