Buton Utara
13-10-2016  14:32
Wakil Bupati Butur Pimpin PMI Butur Periode 2016-2021
Suasana acara pelantikan pengurus PMI Butur
BURANGA, BP -Wakil Bupati Buton Utara (Butur) Ramadio ditetapkan sebagai ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Buton Utara (Butur). Keputusan itu, diperoleh dari Musyawarah Daerah (Musda) I Butur yang dilaksanakan selama dua hari, Selasa (11/10) hingga Rabu (12/10) bertempat di salah satu hotel di daerah tersebut.
Pada hari terakhir Musda I ini, ketua PMI Sultra Rusyawati A Yusran Silondae langsung melantik Ramadio berserta seluruh pengurus PMI Butur periode 2016-2021.

Setelah dilantik, Ramadio mengungkapkan, dirinya menyadari eksistensi PMI, maka dia mengajak semua unsur pengurus PMI Butur dan para relawan sama-sama menyiapkan diri untuk bekerja dibidang sosial kemanusiaan, memberikan pertolongan kepada manusia dengan kasih sayang tanpa mengharapkan imbalan apapun."Maka dengan adanya PMI Butur ini, masyarakat akan merasakan besar manfaatnya," ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Butur Abu Hasan ketika memberikan sambutan mengatakan, terbentuknya pengurus PMI Butur bukan saingan dari organisasi lainnya. Akan tetapi, dengan kehadirannya menambah barisan organisasi masyarakat sosial yang berioritas kemanusiaan di Butur.

" PMI merupakan mitra dari Pemda, bekerjasama dalam bantuan kemanusiaan. Artinya bermitra itu kan saling mengutungkan, saling menghidupi dan saling melindungi, itu namanya bermitra. Kita berharap PMI Butur menambah kekuatan organisasi kemasyarakatan sosial di Butur." ujarnya.

"Saya mengucapkan selamat kepada peserta musyawarah cabang yang baru dilantik,di mana telah sukses melaksanakan amanah menyalurkan program-program kerja lahirnya PMI di Butur ini," sambungnya.

Pada kesempatan yang sama, ketua PMI Sultra Rusiawati Yusran A Silondae menjelaskan, PMI merupakan organisasi yang bergerak dalam bidang kemanusiaan. Untuk itu dalam tugas kepalang merahan ada empat tugas pokok yaitu kesiap siagaan bantuan dan penanggulangan bencana, pelatihan pertolongan pertama untuk sukarelawan, pelayanan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat dan pelayanan transfusi darah.

PMI selalu berkoordinasi BPKD daerah, dinas sosial dan SAR serta selalu tepat dan tanggap di lapangan. "Untuk itu kami harapkan supaya PMI Butur agar bisa betul-betul menjalankan tugasnya dengan sebaik-baiknya," harapnya.

Karena Butur merupakan Kabupaten yang berada di pesisir pantai yang menjadi kemungkinan besar bahaya bencana akan datang."Jadi harus siap siaga, harus membuktikan jati diri sebagai PMI Butur bahwa sangat dibutuhkan oleh masyarakat," pungkasnya.

Acara pelantikan yang berlangsung cukup sederhana ini, ikut dihadiri ketua PKK Butur Sity Rabya Abu Hasan, anggota DPRD setempat yakni Muliadin Salenda, Harwis Hari dan Rahman dan beberapa tokoh masyarakat.(#)


Peliput : Darmawan
Telah dibaca 210 kali
Berita Terkait
Advertisement