Muna
10-10-2016  11:13
Polantas Tindaki Pelanggar secara Kasat Mata
Kasat Lantas Polres Muna, AKP. Alfin.
Raha, BP-Kasat Lantas Kepolisian Resort Muna dalam mengurangi tingkat fatalitas kecelakaan saat ini fokus menindak pelangar berlalu lintas terlihat secara kasat mata.
AKP. Alfin saat ditemui diruang kerjanya. Sabtu (08/10) mengatakan, Kegiatan yang dilaksanakan hanya secara hunting (patroli) dimana yang ambil pelanggar yang ditindaki secara kasat mata, karena itu potensi membuat kecelakaan seperti tidak mematuhi aturan berlalu lintas seperti tidak memakai helm, Kaca spion, weser maupun lampu.

"Beberapa komponen yang tidak dilengkapi oleh pengendara motor ataupun mobil tingkat pemicu kecelakaan sangat tinggi yang ditambah lampu jalan tak berfungsi"terangnya.

Dalam mengurangi tingkat fatalitas kecelakaan yang tinggi dalam 2 hari sekali hampir menyebabkan meninggal dunia akibat laka lantas lantas terus melakukan hunting.

"Masyarakat Muna telah paham dengan aturan berlalu lintas cuma saya (Alfin,red) agar lebih sadar lagi karena ini bukan menyangkut masalah kepentingan Polres Muna namun kepentingan masyarakat sehingga terhindar dari kecelakaan. Kasian kalau kecelakaan hingga merengut nyama, keluarga maupun kerabat ikut sedih, lebih sadar lebih bagus"harapnya.

sekarang ini pelanggar masih banyak untuk tindakan dari data tilang sekarang mengalami penurunan yang signifikan. Sebekum saya datang di Polres banyak kedaraan roda dua yang diamankan. saat ini masyarakat telah mengerti arti taat berlalu lintas.

"Penindakan yang dilakukan dengan tujuan untuk mengurangi tingkat kecelakaan. Cara bertindak yang dilakukan stasioner (Bergerak ditempat dengan memasang papan pemeriksaan) maupun hunting (jalan patroli bergerak lebih bergerak dalam menindaki pelanggar secara kaca mata.

Saat ini menjalankan hunting untuk menindak pelanggar secara kasa mata, kalau motor maupun mobil dilihat lengkap walaupun tak memiliki surat-surat tidak akan diberhentikan.

"Kalau tak memiliki STNK maupun dokumen lain tidak mungkin menimbulkan kecelakaan. Namun saat ditahan tak memiliki surat-surat tetap ditindaki juga"tutupnya.

Sosialisasi dalam menyadarkan masyarakat terus dilakukan dengan memasang spanduk dititik depan rumah makan roxi, BPD, depan Polsek katobu serta pasar Laino. Dengan tulisan dalam spanduk "Mau pilih mana, Denda tilang tidak pakai helm 250.000.beli dan pakai helm cuma 200.000 pilih mana. (*)
Peliput:Iman Supa
Telah dibaca 269 kali
Berita Terkait
Advertisement