Muna
07-10-2016  14:25
DPRD Gelar Rapat Pembentukan Perangkat Daerah
Penyerahan susunan Perangkat Daerah oleh Ketua DPRD Muna, Mukmin Naini terhadap Bupati Muna, LM. Rusman Emba. Foto. Iman Supa.
- Bupati: Peningkatan Percepatan Pembangunan
RAHA, BP - Dalam rapat paripurna tingkat II DPRD Kabupaten Muna, Sekretaris Gabungan Komisi DPRD Muna Syukri SPi, melaporan hasil rapat gabungan komisi bersama pemerintah Kabupaten Muna, terhadap rancangan peraturan daerah tentang pembentukan dan penyusunan perangkat daerah kabupaten Muna. Rapat yang digelar di ruang Sidang DPRD Kamis (6/10).
Rapat yang dipimpin oleh Ketua DPRD Muna, Mukmin Naigi SAg serta dihadiri oleh Bupati Muna, LM Rusman Emba ST berserta jajarannya dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD).

Peraturan pemerintah No. 18/2016 tentang perangkat daerah sebagai pelaksanaan dari Undang-undang No. 23/2014 tentang pemerintahan daerah harus menjadi landasan untuk melakukan penataan perangkat daerah yang efektif mampu menyelenggarakan pemerintah secara efisien.

"Penataan perangkat daerah akan mendorong efiensi birokrasi sehingga alokasi belanja pelayanan publik termasuk belanja modal akan semakin besar," ungkap Syukri.

DPRD telah melaksanakan rapat gabungan komisi bersama pemerintah daerah, tentang pembentukan dan susunan prangkat daerah. Selanjutnya akan ditindak lanjuti dengan klarifikasi pada biro ortala Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), dengan hasil menetapkan Sekretariat daerah tipe A, Sekretariat DPRD tipe B, Inspektorat tipe A.

Dinas terdiri dari Dinas Administrasi Kependudukan dan Catatan Sipil berubah menjadi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil tipe A, Dinas Kelautan dan Perikanan Tipe B, Dinas Pemudah Dan Olahraga tipe B, Dinas Kesehatan Tipe A, Dinas Komunikasi, Informasi, Statistik fan Urusan Pemerintahan Bidang Persandian Tipe, Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menegah tipe C, Dinas Lingkungan Hidup tipe B, Dinas Ketahanan Pangan tipe B, Dinas Pariwisata Tipe B, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang tipe A, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa tipe B, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu tipe C, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan tipe A, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana tipe B, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak tipe C, Dinas Perdagangan dan Perindustrian tipe A, Dinas Perhubungan tipe B, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan tipe B, Dinas Tanaman Pangan, Hotikultura, dan Perkebunan tipe B, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan tipe B, Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman tipe C, Dinas Sosial tipe A, Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja tipe B, serta Satuan Pamong Praja tipe A.

Sementara Badan terdiri, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia tipe B, Badan Keuangan dan Aset Daerah tipe B, Badan Pengelolah Pajak dan Retribusi Daerah tipe B, Badan Penelitian Dan Pengembangan tipe C, maupun Badan Perencanaan Pembangunan Daerah tipe B.

Bupati Muna LM Rusman Emba ST dalam sambutannya mengakatan, dengan ditetapkan peraturan pemerintah No 18/2016 tentang perangkat daerah, Pemerintah Daerah Muna berupa mewujudkan organisasi perangkat daerah yang ideal mampu melaksanakan urusan berdasarkan karakteristik daerah dan kebutuhan masyarakat Muna. Organisasi yang dibentuk berfungsi sebagai sentral penyelenggara otonomi daerah dalam rangka percepatan pembangunan di Kabupaten Muna.

"Dengan ditetapkan peraturan ini, terjadi perubahan susunan perangkat daerah Kabupaten Muna sehubungan dengan ada penghapusan, pembentukan, pengambungan maupun pemisahan hal ini sesuai peraturan daerah dengan menetapkan Sekretariat Daerah, Sekretariat DPRD,Inspektorat. 24 Dinas, 5 Badan, 22 Kecamatan Sesuai Tipologi masing-masing daerah serta ditetapkan 3 staf ahli. Dengan seluruh penetapan ini dalam rangka percepatan pembangunan di Kabupaten Muna," ungkapnya. (*)


Peliput:Iman Supa
Telah dibaca 297 kali
Berita Terkait
Advertisement