Buton
07-10-2016  13:56
Panwaslu Kabupaten Buton Temukan Satu Pelanggaran Dalam Tahap Pemilukada
La Saluru
-Satu Anggota Panwas Diduga Berpihak Pada Satu Pasangan Calon Kada
PASARWAJO, BP - Panwaslu Kabupaten Buton, telah menemukan satu pelanggaran dalam tahap proses pemilihan Kepala Daerah di Kabupaten Buton. Adapun pelangaran yang ditemukan, yakni Pelanggaran Admistrasi yang telah dilakukan oleh pihak komisi pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Buton.
Demikian diungkapkan Ketua Pawanslu Kabupaten Buton, La Saluru ketika dikonfirmasi Baubau Post di kantornya Rabu (05/10/2016). Menurutnya, KPUD tidak mengeluarkan SK untuk penyerahan penelitian calon perseorangan yang tidak memenuhi syarat.

"Bakal calon perseorangan, tidak memiliki kesempatan untuk menggugat, karena tidak memliki SK. Sehingga kami klarifikasi dan memanggilnya untuk merekomendasikan di KPUD untuk segera dikeluarkan SK," katanya

Sesuai hasil pantauan selama tiga hari, KPUD tidak juga mengeluarkan SK. Sehingga pihaknya mengambil tindakan karena telah melanggar kode etik.

"Kami sudah peringati KPUD, agar ditindak lanjuti setiap rekomendasi itu. Kami sudah menyampaikan kepada calon perseorangan yang datang saat itu, pasca menyerahkan dokumen," akunya.

La Saluru menambahkan, ada laporan dari masyarakat Kabupaten Buton bahwa salah satu anggota Panwas, berpihak pada satu Pasangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati kabupaten Buton 2017, atas nama Sanca Alam. "Terkait laporan Sanca oleh masyarakat, kami akan klarifikasi dan mengumpulkan alat buktinya, apabila dia terbukti akan dipecat secara tidak terhormat," jelasnya.

Namun kata La Saluru, secara norma aturan anggota Panwas, Sanca tidak melanggar. Meski demikian, Ketua Panwaslu Kabupaten Buton telah memanggil anggota Panwas, untuk mengevaluasi Sanca Alam. Apabila sudah diputuskan dan direkomendasikan, maka semua temuan itu akan diumumkan. (#)

Peliput: Alyakin
Telah dibaca 341 kali
Berita Terkait
Advertisement