Buton Tengah
06-10-2016  13:48
Pemerintah Buteng Ingin Perkenalkan Sejarah Buteng ke Masyarakat
LABUNGKARI, BP - Pemerintah Kabupaten Buton Tengah (Buteng) melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Buteng menyelenggarakan Seminar Penyusunan Dokumen Sejarah Buton Tengah, yang dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Buton Buteng, dan dihadiri oleh para kepala SKPD se Kabupaten Buteng, Senin (03/10).
Kepada Baubau Post, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Buton Tengah Lukman SPd MPd menjelaskan, seminar tersebut bertujuan untuk mendokumentasikan terbentuknya daerah Buton Tengah, serta penggalian sejarah-sejarah Buton Tengah, agar dapat diketahui oleh masyarakat luas, terutama para generasi penerus yang ada di Buteng.

"Tentunya ini tidak terlepas dari Buton induk, kemudian Kesultanan Buton, sehingga anak cucu kita kedepan bisa melihat ada dokumen bahwa ternyata Buton Tengah itu asal-usulnya seperti ini," paparnyanya.

Ditambahkan kata Lukman, buah hasil dari seminar tersebut ditargetkan kedepan melahirkan sebuah buku sejarah tentang Buton Tengah, yang dianggap akan bermanfaat untuk masyarakat luas terutama generasi yang ada di Kabupaten Buton Tengah, untuk mengetahui sejarah perjalanan Buton Tengah.

"Kedepan inikan ada dokumen, pasti melahirkan sebuah buku, dan buku itu bisa kita titip dimana-mana, sehingga semua masyarakat Buton Tengah baik yang ada sekarang maupun generasi mendatang dia bisa membaca, bahwa ternyata seperti ini (sejarah Buteng, red.)," pungkasnya.

Untuk diketahui, pemateri seminar tersebut adalah dosen dan alumni yang didatangkan dari beberapa universitas, yakni Dosen Sejarah UHO Basrin Melamba SPd MA, alumni Sejarah UHO Haerudin SPd MA, dan Dosen Antropologi UHO La Janu SSos MA, yang telah mengkaji budaya-budaya yang terdapat di Kabupaten Buton Tengah.(#)


Peliput: Anton - Editor: La Ode Adrian
Telah dibaca 376 kali
Berita Terkait
Advertisement