Muna
03-10-2016  15:21
BAPPEDA Sosialisasikan Program Kotaku
RAHA, BP - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Muna, melaksanakan sosialisasi program Lokakarya dan strategi komunikasi (Strakom) Program Kota Tanpa Kumuh (kotaku), yang dihadiri seluruh stakeholder. Rapat digelar di aula rapat BAPPEDA, Sabtu (1/10).
Menurut Kepala Bidang Prasarana, Rini, tahun ini BAPPEDA mendapat program Kotaku untuk mendukung program nasional. Kabupaten Muna memiliki kawasan kumuh yang cukup luas, berdasarkan Surat Keputusan (SK) Bupati. Namun tidak mencapai 10 persen dari luas Kota Raha.

"Sosialisasi yang dilaksanakan untuk menyamakan presepsi membangun persamaan, karena penangganan kawasan kumuh bukan hanya tanggung jawab pemerintah pusat, namun juga para pelaku usaha dan masyarakat," ungkapnya.

Program yang dilaksanakan, untuk meningkatkan sanitasi masyarakat, sehingga kualitas hidupnya meningkat. "Alhamdulillah Pemerintah Kabupaten Muna mendapatkan kuota, karena sebelumnya kami telah melakukan pendataan kawasan kumuh" katanya.

Tingkat kekumuhan di Kota Raha, berbeda antara kecamatan. Seperti di Kecamatan Laiworu yang memiliki tingkat kekumuhan yang tinggi, karena menjadi pusat perniagaan dan lokasi pasar.

Anggaran untuk mensukseskan progaram Kotaku, bersumber dari multi pendanaan baik APBN maupun APBD, karena merupakan program kawasan. "Pemerintah pusat memiliki kewenangan diatas 15 hektar, sedangkan pemerintah daerah memiliki kewenangan diatas 10 hektar," tutupnya. (*)


Peliput: Iman Supa
Telah dibaca 216 kali
Berita Terkait
Advertisement