Buton
26-09-2016  12:07
KPU Buton Buka Kembali Pendaftaran Calon Bupati dan Wakil Bupati
Suasana saat membacakan pengumuman pasangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Buton yang Mendaftar di KPUD Kabupaten Buton
PASARWAJO, BP - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Buton membuka kembali pendaftaran bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Buton. Pasalnya, setelah dibuka pendaftaran hari teakhir hingga pukul 24.00 hanya satu pasang bakal calon yang mendaftar.
Ketua KPUD Kabupaten Buton, Alimuddin mengeluarkan pengumuman No 12/P/KPU - Cap 026.433532/8/2016 tentang daftar bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Buton tahun 2017. Berdasarkan ketentuan pasal 93 Ayat 1 PKPU No 9 tahun 2015 tentang perubahan ketiga PKPU No 9 tahun 2015 tentang pencalonan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota.

"Jika hanya terdapat satu pasangan calon yang mendaftar maka akan dilanjutkan dengan tiga hari proses sosialisasi dan tiga hari melakukan proses
Pendaftaran ulang pasangan calon," kata Ketua KPUD, Alimuddin saat membacakan pengumuman bakal Calon di Sekertariat KPU Buton.

Pendaftaran calon sesuai Amanat PKPU, jelas Alimuddin, KPU Kabupaten Buton akan melakukan keputusan terkait tahapan pendaftaran calon. kami sementara menyusun dan masih konsultasi KPU provinsi. "Insya Allah dalam waktu dekat kami umumkan kembali,"katanya.

Dikatakan, karena ada juga yang terjadi di seluruh Indonesia beberapa Kabupaten mengalami hal yang sama dan ini menjadi tahapan Nasional.

Olehnya itu, Ketua KPUD Kabupaten Buton, Alimuddin belum bisa memastikan kapan pendaftaran ulang bakal calon Bupati dan Wakil Bupati karena saat ini sementara menyusun program serta berkomunikasi dengan KPU Provinsi Sulawesi Tenggara.

Untuk itu, pihaknya menambahkan, Bagi masyarakat yang akan berikan masukan dan tanggapan dibuat secara tertulis dan dilengkapi dengan identitas yang jelas dan foto kopi KTP Selanjutnya diserahkan pada KPUD Kabupaten Buton dari tanggal 23-39 september 2016.

"Dengan di umumkan bakal pasangan calon beserta dokumen pendaftaran, kepada masyarakat untuk memberikan masukan dan tanggapan terkait satu pasangan Calon yakni Bupati Samsu Umar Abdul Samiun SH dan Wakil Bupati Drs La Bakri MSi serta gabungan partai Politik PKB, PKS, Nasdem, PAN, Demokrat, Golkar dan PBB.

"Kami sudah membacakan hasil pengumuman proyeksi pendaftaran kurang lebih selama tiga hari dan ini pasti menimbulkan tanda tanya bagi kita semua Karena sampai dengan hari ini hanya terdapat satu pasangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati yang mendaftar di KPUD," tutupnya. (#)

Peliput : Alyakin


Telah dibaca 321 kali
Berita Terkait
Advertisement