Buton
23-09-2016  14:10
Pasangan Umar Bakri Resmi Mendaftar di KPUD
Pasangan Umar Bakri foto Bersama saat selesai pendaftaran
PASARWAJO, BP - Pasangan Samsu Umar Abdul Samuin SH dan Drs La Bakri MSi secara resmi mendaftarkan diri sebagai Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Buton periode 2017-2022 di Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Buton Rabu (22/09).
Pantaun Koran ini, diperkirakan pada pukul 11.45 Wita, pasangan Umar Bakri tiba di KPUD bersama partai pengusung atau koalisi, diterima oleh Sekertaris KPUD. Setelah itu melakukan registrasi yang telah disiapkan oleh Panitia penyelenggara.

Berdasarkan daftar registrasi, sebanyak delapan partai koalisi yang bertanda tangan Ketua Partai dan Sekertaris, memandatkan Calon pasangan Umar Bakri, sebagai calon Bupati dan calon Wakil Bupati Buton. Setelah itu, Bakal calon Bupati dan Wakil Bupati menyerahkan berkas dokumken syarat pencanonan kepada ketua KPUD, Alimuddin untuk dilakukan pemeriksaan dan penelitian.

Pada kesempatan tersebut, ketua KPUD Kabupaten Buton, Alimuddin menyampaikan pengumuman hasil ferivikasi dokumen atau berkas yang telah diperiksa oleh ketua tim. "Hasil Verifikasi dokumen persyaratan pencalonan diumumkan, bahwa pendaftran pasangan bakal calon Bupati dan wakil Bupati Yakni Samsu Umar Abdul Samiun SH dan Drs La Bakri Msi dinyatakan diterima," katanya

Dari hasil yang di peroleh tim persyaratan calon menyebutkan, salah satu partai tidak memenuhi persyaratan dari delapan partai pengusung yang disampaikan kepada KPUD. "Partai PKPI yang tidak sesuai dengan surat Menkum-HAM serta surat DPP," tuturnya

Kemudian, pasangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati periode 2017-2022 Umar Bakri, Ketua serta sekretaris PKPI dan dikawal Pawanslu Kabupaten Buton dan KPUD, melakukan paraf untuk pencabuatan partai usungan.

Ketua KPUD, Alimuddin kembali menjelaskan, tujuh partai dinyatakan lolos sebagai partai pengusung, dan tidak merubah persyaratan dukungan pasangan calon.

"Dari delapan partai pengusung yang ada, salah satunya tidak memenuhi unsur syarat sehingga dinyatakan tujuh karena salah satu partai politik tidak sesuia dengan SK Menkum-HAM, tetapi tidak merubah nilai persyaratan sebab telah mencapai dukungan 80 pesen," katanya kembali

Amatan Media, selama proses verifikasi berkas pencalonan dan partai pengusung oleh KPUD Kabupaten Buton, berjalan dengan baik. Personil aparat kepolisian Polres Buton menjaga keamanannya, sehingga aman terkendali.(#)


Peliput: Alyakin
Telah dibaca 363 kali
Berita Terkait
Advertisement