Wakatobi
20-09-2016  13:35
Sultan Buton Kukuhkan Lakina Bharata Kahedupa
Prosesi pengukuhan Lakina Bharata Kahedupa. FOTO Duriani Baubau Post
WAKATOBI, BP – Sultan Buton ke – 40, La Ode Izat Manarfa, menyarankan kepada Lakina Bharata Kahedupa dan seluruh perangkatnya untuk membantu kinerja pemerintahan di Kabupaten Wakatobi. Hal itu disampaikannya usai pengukuhan Lakina Bharata Kahedupa di Baruga Bente Desa Ollo Selatan, Sabtu (17/9).
Membantu kinerja pemerintah yang dimaksudkan Sultan Buton itu, yakni dengan melaksanakan segala tradisi dan adat-istiadat Kesultanan Buton khususnya di Bharata Kahedupa. Jika pemerintah berhasil maka keberhasilan itu pun merupakan keberhasilan Bharata Kahedupa.
“Lakina Bharata Kahedupa dan perangkatnya agar membantu kinerja Bupati dengan tradisi yang ada di Bharata Kahedupa. Karena keberhasilan pemerintah dan kesejahteraan masyarakat maka itu juga merupakan keberhasilan Sara,” saran Sultan Buton.
Kata La Ode Izat Manarfa, dijaman kerajaan pun prioritas utama adalah berjuang untuk mensejahterakan masyarakat. Sehingga, simbol-simbol dan slogan pro rakyat dijaman kerajaan harus tetap dilanjutkan. “Tradisi seperti Bolimokaro Sumano Lipu harus tetap dipegang. Berjuanglah untuk memajukan daerah,” pinta Sultan Buton.
Sementara itu Bupati Wakatobi, H Arhawi Ruda, mengharapkan dengan peristiwa pengukuhan Lakina Bharata Kahedupa membawa barokah kepada seluruh masyarakat Wakatobi khususnya masyarakat di pulau Kaledupa. Dan melanjutkan tradisi kebersamaan agar membawa dampak postif untuk daerah.
“Semoga nilai-nilai adat yang ada sejak dulu hingga saat ini tetap ditanamkan dan membawa dampak positif untuk masyarakat Kabupaten Wakatobi,” harap Arhawi Ruda.
Arhawi Ruda, juga menyarankan kepada Lakina Bharata Kahedupa yang baru dikukuhkan untuk segera bermusyawarah dengan seluruh perangkatnya. Sehingga menghasilkan kesepakatan demi kebersamaan dan mempertahankan nilai-nilai budaya dan kearifan local.
Perlu diketahui bahwa Sultan Buton, La Ode Izat Manarfa, mengukuhkan La Ode Saidin sebagai Lakina Bharata Kahedupa yang baru. La Ode Saidin, menggantikan La Ode Muslimin yang telah meninggalkan dunia beberapa bulan lalu.
Hadir dalam pengukuhan Lakina Bharata Kahedupa itu antara lain Wakil Bupati Wakatobi, Ketua DPRD Wakatobi, Sekretaris daerah, Kapolres Wakatobi dan sejumlah kepala SKPD lingkup Pemkab Wakatobi. (***)


Peliput: Duriani
Telah dibaca 369 kali
Berita Terkait
Advertisement