Wakatobi
16-09-2016  10:31
Rekomendasi KASN, Bupati Wakatobi Rotasi Kabinet Jilid I
WAKATOBI, BP – Dua bulan lebih paska dilantik dan diambil sumpahnya menjadi Bupati dan Wakil Bupati Wakatobi, H Arhawi Ruda SE – Ilmiati Daud SE MSi, sudah mulai membunyikan genderang perang dengan merotasi beberapa pejabat setingkat eselon dua dan tiga dilingkup Pemkab Wakatobi.
Informasi dihimpun Baubau Post dari berbagai sumber di lingkup Pemkab Wakatobi , Rabu (14/9) sekitar pukul 15.00 Wita bertempat di lantai dua Kantor Bupati Wakatobi, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Wakatobi DR Sudjiton, mewakili Bupati Wakatobi H Arhawi Ruda SE melantik empat pejabat setingkat eselon dua dan tiga.

Untuk memastikan kebenaran informasi tersebut, Kamis (15/9) Baubau Post mencoba menghubungi Kepala Badan Kepegawaian Daerah dan Diklat (BKDD) Kabupaten Wakatobi. Karena selama ini jika ada pelantikkan, maka BKDD selaku instansi yang berkaitan dengan pemutasian dan pelantikkan selalu mengetahui. Mulai dari nomor Surat Keputusan (SK) Bupati Wakatobi dan uraiannya.
Namun Kepala BKDD, Rusdin SH.MSi saat dikonfirmasi via telepon celulernya karena sedang berada di luar daerah tidak tahu-menahu dengan pelantikkan dimaksud. “Informasinya seperti itu bahwa ada pelantikkan, namun kami tidak tahu siapa saja yang dialntik karena tidak dilibatkan,” terang Rusdin, melalui pesan singkat di telepon celulernya, Kamis (15/9).
Begitu pula dengan beberapa orang staf di Bidang Mutasi kantor BKDD Kabupaten Wakatobi. Saat dikonformasi di kantornya justru tidak tahu menahu. Pihaknya hanya mendapat informasi dari luar jika ada pelantikkan. “Kami juga hanya dapat informasi di luar kalau ada pelantikkan, Tapi secara administrasi, hingga saat ini kami juga belum tahu siapa saja yang dilantik,” ujar beberapa pegawai BKDD di ruang mutasi, Kamis (15/9).
Sekda Wakatobi, DR Sudjiton, yang menurut informasi sedang dalam perjalanan ke luar daerah saat dikonfirmasi via telepon celulernya Kamis (15/9) terkait pelantikkan itu apakah tidak melanggar undang-undang Aparatur Sipil Negara (ASN). Sudjiton, menjelaskan bahwa pelantikkan itu justru melaksanakan rekomendasi Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).
Kata Sudjiton, ke empat pejabat yang dilantik itu dikembalikkan ke posisi semula. Karena ke empat pejabat dimaksud saat dirotasi dimasa pemerintahan sebelumnya tidak sesuai mekanisme. “Justru pelantikkan itu melaksanakan rekomendasi KASN. Karena ke empat pejabat itu saat dirotasi tidak sesuai UU ASN, untuk itu dikembalikkan ke posisi semula,” ungkap Sudjiton, via telepon celulernya.
Saat ditanyai nomor SK Bupati Wakatobi terkait pelantikkan dimaksud, Sudjiton, mengarahakn untuk menghubungi sekretaris BKDD Kabupaten Wakatobi. “Silahkan hubungi Pak Jalal untuk mendapatkan nomor SK,” himbau Sudjiton.
“SK No 479 Tahun 2016, Tanggal 13 September 2016. Tentang penempatan kembali pejabat strultural Eselon II, III dan IV lingkup Pemkab Wakatobi,” pungkas Jalal tanpa menyebutkan nama-nama pejabat yang dilantik melalui pesan singkat di telepon celulernya, Kamis (15/9). (***)
Peliput: Duriani
Telah dibaca 413 kali
Berita Terkait
Advertisement