Buton
13-09-2016  13:33
Kawasan Perdagangan Tetap di Kecamatan Pasarwajo
PASARWAJO, BP - Dinas Tata Ruang dan Perumahan Rakyat Kabupaten Buton menyebutkan kawasan perdagangan ditetapkan di Kecamatan Pasarwajo Kabupaten Buton. Perencanaan masih secara umum setelah diperdakan Januari 2014, saat belum pemekaran dua Kabupaten yakni Kabupaten Buton Selatan dan Kabupaten Buton tengah.
"Kita punya perencanan baru tingkat RT dan RW itu masih umum, itupun baru diperdahkan januari 2014 dan sekarang sebelum mekar, masih dalam tahap proses serta revisi ," kata Kadis Tata Ruang dan Perumahan Rakyat Abdul Hakim ketika di konfirmasi Baubau Post beberapa waktu lalu.

Kata dia, Jadi Kawasan stadion yang dijadikan pasar itu tidak ada, yang dimaskudnya tidak ada perpindahan pasar Kaloko tepatnya di Kelurahan Takimpo di Stadion Kelurahan Wagola tetapi karena kebetulan itu pasar dan namanya ada bantuan harus ada tanahnya yang disiapkan.

"Kebetulan tanah yang bebas seluas empat hektar itu ada di Wagola dan itu tidak jauh dari pasar sebelumnya sehingga proses sudah berjalan dan kalau dibatalkan rugi karena ada bantuan dari pusat," tuturnya

Tidak banyak berubah untuk peruntukannya dan masih sistim perencanaan sistim zoning. Untuk itu, perencanaan Tata Ruang ada dua sistim zoning dan sisitim simbernetik misalnya kalau sistim zoning itu semua wilayah kawasan itu di zonasi sesui dengan peruntukannya

Dikatakan, bantuan pusat sudah disipakan lokasinya namun untuk pasar ini telah diberikan pertimbangan lokasi walaupun ada ketententuannya, tetapi kita memberikan pertimbangan, kemungkinan untuk pasar disitu tidak jauh dari pasar Kaloko, serta tidak akan berpindah karena itu aset yang sudah dibangun.

"Ada tanah Pemda yang sudah dibebaskan,dipersiapkan dan tidak ada perpindahan pasar, Menurut informasi yang didengar dari dinas Perindag pasar dibangun agak moderen, jadi sesuai dengan peruntukannya karena tidak mungkin membuat seperti pasar tradisional, tetap kita pertahankan dan tidak ada perpindahan" tutupnya (#)

Peliput: Alyakin
Telah dibaca 288 kali
Berita Terkait
Advertisement