Muna
12-08-2016  14:40
Kodim1416 Muna Gelar Sosialisasi Bela Negara
Dandim Muna 1416 Letkol Arh. Hendra Gunawan saat berpose bersama guru SMA di Muna
RAHA, BP - Kodim 1416 Muna mengelar sosialisasi bela negara dilingkungan pendidikan setingkat SMA/sederajat se Kabupaten Muna, yang dihadiri Pemerintah Daerah (Pemda) Muna serta Seluruh Stakeholder yang diselenggarakan di Sarana Olahraga (SOR) La Ode Pandu, Kamis (11/8).
Asisten III Pemda Muna, Edy Uga mengharapkan, dengan adanya kegiatan ini dapat mengajarkan mengenai hak dan kewajiban sebagai warga negara kepada generasi muda. Bela negara bukanlah mengikuti kegiatan militer semata, namun juga menuntut ilmu yagn diperoleh dari guru dengan sungguh-sungguh.

"Kegiatan ini sangat positif agar membuka wawasan para murid untuk ikut serta dalam menyukseskan kegiatan bela negara, namun yang paling utama para siswa harus lebih giat belajar. Terkait dengan sikap murid yang tak mendengarkan perintah dari Dandim merupakan hal biasa terjadi, namun sikap disiplin tersebut guru harus lebih ditekanan lagi, inilah didikan mental yang perlu dibenahi untuk terus ditanamkan pada diri siswa," ungkapnya.

Selain itu, Komandan Kodim 1416/Muna Letkol Arh. Hendra Gunawan sebagai pembawa Materi dalam sosialisasi ini menjelaskan, tujuan dari penyelenggaraan bela negara pada dasarnya mengajarkam pada siswa-siswi SMA/sederajat, untuk lebih bisa menghayati peran sebagai siswa dan perannya dalam bela negara. Sebagai generasi muda harus memiliki gambaran untuk persiapan masa depan, dan yang dilakukan dalam mengisi memperingati Hari Ulangan Tahun RI Ke 71.

"Harapannya siswa setelah kegiatan mampu menyerap dan memanifestikan, bahkan mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, itu sebagai bekal utama menjadi pondasi dalam proses perkembangan bangsa dan negara yang kebih maju," tambahnya.

Ia menambahkan, pengetahuan para siswa tentang bela negara semakin jauh ditinggalkan sehingga perlu untuk terus diingatkan.

"Memang sudah jauh para siswa memaknai tentang bela negara, contoh kecilnya saja tadi belum diberikan aba-aba sudah mau bubar, inilah pengorbaan waktu sudah tidak ada. Sehingga perlu ditanamkan secara maksimal"tutupnya.(*)



Peliput: Iman Supa Editor: Zaman Adha
Telah dibaca 287 kali
Berita Terkait
Advertisement